Home / Grosir Daster Bali / 6 Cara Mencuci Daster Rayon Agar Warna Tidak Cepat Memudar

Daftar Harga Terbaik

Sebagian baju daster di pasaran saat ini terbuat dari Bahan Rayon, yaitu salah satu jenis kain sutera buatan yang memiliki karakteristik tekstur kain yang lembut dan mempunyai daya serap yang tinggi.

Melihat beberapa karakteristiknya tersebut memang tidak mengherankan bahan kain ini begitu populer dalam pembuatan berbagai model daster, seperti: manohara, prilly, lowback, dan lain sebagainya.

Mengenai Cara Mencuci Daster Rayon ini tidaklah begitu sulit. Berikut ini ada beberapa hal yang harus anda ketahui di dalam mencuci daster rayon agar tetap awet dan warna tidak cepat memudar.

  1. Cuci Secara Manual Dengan Tangan

    Tips Merawat Daster Rayon
    Tips Merawat Daster Rayon

Kain rayon ini memiliki serat yang lebih tipis dibandingkan jenis kain lainnya. Sangat mudah mengalami kerusakan bila terkena gesekan keras ketika dicuci khususnya dengan mesin cuci.

Sehingga, sangat disarankan untuk anda mencucinya secara manual dengan menggunakan tangan atau anda bisa merendamnya sebentar pada sedikit larutan deterjen bila daster tidak terlalu kotor.

  1. Kucek Secara Lembut dan Perlahan

    Mencuci Daster Rayon
    Mencuci Daster Rayon

Barangkali daster kotor atau bernoda, anda bisa mengkucek – kucek secara perlahan dengan menggunakan sikat lembut hingga nodanya memudar.

Ingat! Jangan pernah mengosoknya secara keras dengan menggunakan sikat karena itu hanya dapat merusak serat kain dari daster anda.

  1. Bilas Sampai Benar – Benar Bersih

    Membilas Daster Rayon
    Membilas Daster Rayon - sumber: blog.hemat.id

Bila daster sudah bersih dari noda yang menempel, anda bisa membilanya dengan air bersih sampai sisa busa deterjen benar – benar hilang di seluruh bagiannya.

Jika sisa busa deterjen dibiarkan begitu saja masih menempel, itu akan dapat menyebabkan merusak serat daster dan mengalami pemudaran lebih cepat.  

  1. Hindari Memeras Daster Secara Keras

    Memeras Daster Rayon
    Memeras Daster Rayon - sumber: dekuroma.com

Setelah anda membilas daster dengan air, hindari mengeringkan daster dengan cara memerasnya secara keras karena hal ini tentu dapat merusak tekstur kain dan bahkan membuatnya robek.

Anda cukup meremas – remasnya secara lembut dengan menggunakan tangan hingga daster terlihat agak kering.

  1. Hindari Menjemur Langsung Di Bawah Sinar Matahari

    Menjemur Daster Rayon
    Menjemur Daster Rayon

Di dalam mengeringkan baju daster ini, pastikan anda tidak menjemurnya secara langsung di bawah panas matahari karena itu juga dapat membuat warna daster mengalami pemudaran lebih cepat.

Anda bisa menggantungnya di ruangan terbuka yang tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung.

Sebagaimana yang sudah kita sebutkan di atas, daster bahan rayon memiliki kain yang tipis. Jadi, tidak memerlukan waktu yang lama untuk mengeringkannya.

  1. Lakukan Penyeterikaan Dengan Suhu Sedang

    Menyeterika Daster Rayon
    Menyeterika Daster Rayon

Untuk penyeterikaan daster rayon ini, anda bisa menggunakan suhu yang sedang. Hindari menyeterika dengan suhu yang terlalu tinggi karena itu juga dapat memudarkan warna daster lebih cepat.

Selain itu, anda juga menambahkan kain tipis sebagai alas pembatas agar seterika tidak langsung menyentuh daster. Terakhir, anda bisa langsung menyimpannya dengan rapi pada lemari.

Baik, itulah beberapa cara mencucir daster rayon dengan benar. Jangan lupa praktekan ya! Agar daster anda bisa bertahan awet dan tidak cepat memudar.

Semoga bermanfaat :)

Publish : Kamis, 06 Agu 2020