Home / Angkul Angkul Bali / 2 Desain Angkul Angkul Batu Bata Yang Populer

2 Desain Angkul Angkul Batu Bata Yang Populer

     / 10 Review

Daftar Harga Terbaik

0 Produk Terbaik Harga
Kontak Untuk Tanya Detail Tentang Angkulangkul :
Hubungi Via Telphone
Hubungi Via Whatsapp

Seiring berkembangnya jaman, desain angkul angkul batu bata sangat bervariasi sesuai selera masing-masing pemilik rumah. Ada yang mengaplikasikan desain tradisional dan juga ada yang lebih senang dengan desain modern.

Desain Angkul Angkul Batu Bata

Desain angkul-angkul baik tradisional maupun modern memiliki beberapa perbedaan yang dapat langsung dilihat mata. Mari simak masing-masing perbedaannya di bawah ini.

  1. Angkul Angkul Desain Tradisional

    Angkul Angkul Tradisional Bali
    Angkul Angkul Tradisional Bali - sumber: pinterest.com

Angkul-angkul dengan desain tradisional umumnya dibangun dengan konsep yang utuh, yakni: Tri Angga (Tiga Bagian). Yang terdiri dari Nista (bagian kaki), Madya (bagian badan), dan Mandala (bagian atap/kepala).

Selain itu, pada bangunan angkul angkul juga dilengkapi dengan Apit Liwang dan Aling-Aling.

Apit Liwang merupakan patung raksasa bersejatakan gada yang ditaruh pada masing-masing sisi Kori (daun pintu). Semenatar, Aling-Aling merupakan tembok pembatas antara bangunan angkul-angkul dengan pekarangan.

  1. Angkul Angkul Desain Modern

    Angkul Angkul Batu Bata Bergaya Modern
    Angkul Angkul Bergaya Bali - sumber: pinterest.com

Angkul-angkul dengan desain modern biasanya dibangun dengan desain berbeda. Beberapa darinya ada yang tanpa bagian atap dan dibuat menyerupai bentuk datar saja.

Ada juga yang menambahkan hiasan berupa tumbuhan rambat di bagian atapnya untuk menambahkan kesan alam pada bangunannya. Selain itu, beberapa angkul-angkul juga ada yang tidak dilengkapi dengan Apit Liwang dan Aling-Aling.

Angkul-angkul dengan desain modern ini biasanya banyak diaplikasikan oleh para pemilik akomodasi yang ingin menambahkan kesan nuansa Bali pada bangunan mereka.

Diantara desain tradisional maupun desain modern tidak dapat dikatakan mana yang lebih bagus dan jelek. Semuanya dikembalikan ke selera masing-masing.

Bagi masyarakat Bali, yang terpenting dalam pembangunan angkul-angkul adalah disarankan selalu mengikuti perhitungan menurut Lontar Asta Kosala Kosali. Perhitungan ini dipercaya dapat berpengaruh pada rejeki, kesehatan, dan keadaan rumah tangga dari si pemilik rumah.

Publish : Senin, 05 Apr 2021