Home / Tips / Mudah! 5 Cara Merawat Baju Daster Agar Tidak Mudah Luntur

Daftar Harga Terbaik

Cara Merawat Baju Daster dengan baik dan benar sangat penting untuk diketahui bagi para pecinta daster agar baju daster kesayangan bisa bertahan tetap awet dan tahan lama.

Kebanyakan baju daster yang beredaran di pasaran saat ini terbuat dari bahan rayon, kain ini memiliki serat yang cukup tipis dibandingkan jenis kain lainnya.

Salah dalam perawatan bisa menyebabkan kain daster ini mengalami kerusakan atau pemudaran warna.

Untuk menghindari itu terjadi, anda bisa intip 5 tips cara merawat baju daster di bawah ini agar baju daster bisa bertahan tetap awet dan warna tidak mudah luntur.

  1. Usahakan Langsung Mencuci Daster Saat Terkena Noda

    Noda Pada Daster
    Noda Pada Daster - sumber: rinso.com

Ketika beraktivitas di rumah khususnya saat mengerjakan pekerjaan-pekerjaan di dapur. Baju daster anda mungkin tidak bisa dihindari akan terkena kotoran, seperti: noda dari saus atau kecap.

Sebagian noda–noda dari bahan – bahan di dapur memang sangat susah dihilangkan. Oleh karena itu, anda sebaiknya segera mencucinya bila terkena noda agar tidak menempel secara permanen.

  1. Cuci Manual Dengan Menggunakan Tangan

    Mencuci Daster Secara Manual
    Mencuci Daster Secara Manual - sumber: cleanipedia.com

Dalam tahap pencucian daster ini, anda sangat tidak disarankan untuk menggunakan mesin cuci. Karena kain daster yang tipis sangat rentan mengalami kerusakan akibat gesekan di mesin cuci.

Cukup gunakan cara manual yaitu mencuci menggunakan tangan dengan bantuan sikat lembut dan sedikit deterjen. Anda bisa mengosok – gosok secara perlahan agar noda tersebut hilang, dan jangan lupa membilasnya sampai benar – benar bersih.

Lebih lengkapnya bisa anda lihat di Cara Mencuci Daster Rayon.

  1. Hindari Menjemur Langsung Di Bawah Sinar Matahari

    Menggantung Baju Daster
    Menggantung Baju Daster

Menjemur di bawah paparan sinar matahari langsung memang dapat membuat daster kering dengan waktu yang singkat. Namun, cara ini juga dapat membuat warna dari daster anda akan memudar lebih cepat.

Untuk mengeringkan baju daster ini, anda hanya perlu menggantungnya di ruangan terbuka agar cepat kering. Itu tidak akan memerlukan banyak waktu karena daster memiliki yang tipis.

  1. Setrika Dengan Suhu Yang Sedang

    Menyetrika Baju Daster
    Menyetrika Baju Daster

Selain paparan panas sinar matahari, warna daster juga rentan mengalami pemudaran bila disetrika dengan suhu yang tinggi.

Usahakan untuk menggunakan suhu yang sedang saat menyetrika, atau anda juga dapat menambahkan kain yang tipis sebagai alas agar permukaan daster tidak bersentuhan langsung dengan setrika.

  1. Simpan Secara Rapi Pada Lemari

    Menyimpan Daster
    Menyimpan Daster

Terakhir, anda bisa menyimpan daster secara rapi di lemari yang aman setelah disetrika. Pastikan lemari anda bersih dan tidak lembab agar daster bisa tersimpan secara aman dan tetap bersih saat diambil nantinya.

So, gimana menurut anda 5 cara merawat baju daster di atas? Sungguh mudah, bukan? Silahkan segera untuk mempraktekannya ya!

Selamat mencoba :)

Publish : Rabu, 12 Agu 2020